Sunat Dewasa: Manfaat, Risiko dan Persiapannya

Klinik Sunat Dewasa Terdekat

Pemahaman Sunat Dewasa

Sunat, atau khitan, merupakan prosedur medis yang melibatkan pengangkatan kulit kulup dari ujung penis. Meskipun sunat lebih umum dilakukan pada bayi dan anak-anak, banyak orang dewasa juga memilih untuk menjalani prosedur ini. Keputusan untuk sunat pada usia dewasa sering kali dipengaruhi oleh alasan kesehatan, agama, atau budaya. Dalam artikel ini, kita akan membahas manfaat kesehatan dari sunat dewasa, risiko yang mungkin timbul, persiapan yang diperlukan sebelum menjalani sunat, prosedur yang dilakukan, serta proses pemulihan setelah sunat dewasa.

Di Indonesia, sunat merupakan praktik umum yang dilakukan baik atas dasar kepercayaan maupun alasan kesehatan. Bagi pria yang belum menjalani sunat saat masih kanak-kanak, sunat dewasa kini menjadi alternatif yang semakin dipilih. Relof Clinic bisa menjadi rekomendasi untuk Anda sebagai salah satu klinik sunat dewasa terbaik saat ini. Terkait informasi detail layanan klinik sunat dewasa di Relof Clinic anda dapat mengunjungi link websitenya di sini: Klinik Sunat Dewasa Relof Clinic.

Namun, apa saja manfaat serta risikonya? Prosedur apa yang terlibat dalam sunat dewasa? Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita simak informasi berikut ini.

Manfaat Kesehatan dari Sunat Dewasa

Sunat adalah tindakan bedah yang melibatkan pengangkatan kulit yang menutupi ujung kepala penis, yang dikenal sebagai kulup.

Prosedur sunat dewasa sering dilakukan untuk pria yang tidak menjalani sunat saat masa kanak-kanak. Meskipun dilakukan pada usia yang lebih tua, langkah-langkah prosedurnya umumnya mirip dengan sunat yang dilakukan pada anak-anak.

Sunat pada orang dewasa dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan yang signifikan, antara lain:

  1. Kebersihan Pribadi: Dengan menghilangkan kulit kulup, sunat dapat mempermudah menjaga kebersihan penis, mengurangi risiko infeksi bakteri dan jamur.
  2. Pencegahan Penyakit Menular Seksual: Studi menunjukkan bahwa sunat dapat mengurangi risiko penularan penyakit menular seksual seperti HIV, HPV, dan herpes genital.
  3. Penurunan Risiko Infeksi Saluran Kemih (ISK): Meskipun jarang terjadi pada pria dewasa, sunat dapat mengurangi risiko ISK, yang dapat menyebabkan komplikasi serius jika tidak diobati.
  4. Pencegahan Fimosis dan Parafimosis: Fimosis adalah kondisi di mana kulit kulup tidak dapat ditarik kembali dari kepala penis, sementara parafimosis adalah keadaan di mana kulit kulup yang sudah ditarik tidak bisa dikembalikan ke posisi semula. Kedua kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit dan komplikasi lainnya yang dapat dihindari dengan sunat.
  5. Mengurangi Risiko Kanker Penis: Walaupun sangat jarang, sunat dapat mengurangi risiko kanker penis. Selain itu, wanita pasangan pria yang disunat juga memiliki risiko lebih rendah terkena kanker serviks.

Risiko Melakukan Sunat pada Orang Dewasa

Prosedur sunat dewasa umumnya tidak menyebabkan komplikasi serius. Beberapa efek samping yang paling sering muncul meliputi pembengkakan, perdarahan, dan infeksi.

Seperti prosedur medis lainnya, sunat pada orang dewasa juga memiliki beberapa risiko, di antaranya:

  1. Infeksi: Meskipun jarang, infeksi dapat terjadi pada area bekas sayatan. Risiko ini dapat diminimalkan dengan perawatan pascaoperasi yang tepat.
  2. Pendarahan: Pendarahan adalah risiko yang selalu ada pada setiap prosedur bedah. Pada sunat dewasa, pendarahan bisa lebih sulit dikendalikan dibandingkan pada bayi.
  3. Nyeri: Rasa sakit setelah prosedur adalah hal yang umum. Rasa sakit ini bisa bertahan selama beberapa hari hingga beberapa minggu tergantung pada individu.
  4. Komplikasi Penyembuhan: Bekas luka dapat mengalami masalah dalam penyembuhan, menyebabkan jaringan parut yang tidak normal atau keloid.
  5. Kehilangan Sensitivitas: Beberapa pria melaporkan penurunan sensitivitas pada kepala penis setelah sunat, meskipun hal ini bervariasi dari orang ke orang.

Secara umum, sunat pada bayi laki-laki di bawah usia satu tahun memiliki risiko yang lebih rendah.

Penelitian terbaru dalam Health Science Reports (2022) menunjukkan bahwa tingkat komplikasi pada sunat bayi baru lahir hanya sekitar 0,4 persen.

Risiko komplikasi ini meningkat 10–20 kali lipat pada anak-anak hingga dewasa. Meskipun demikian, sunat dewasa tetap merupakan prosedur yang aman dengan efek samping yang minimal.

Pada konsultasi pertama, dokter akan menilai apakah Anda layak untuk menjalani sunat. Setelah prosedur, dokter akan meresepkan obat untuk mengurangi keluhan seperti nyeri dan perdarahan.

Persiapan Sebelum Khitan Dewasa

Seminggu sebelum prosedur, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter guna mengetahui persiapan yang harus dilakukan sebelum menjalani sunat dewasa. Dokter akan menanyakan riwayat kesehatan Anda, alergi obat-obatan, dan apakah Anda memiliki penyakit kronis tertentu.

Anda juga perlu menanyakan pantangan-pantangan yang harus diikuti sebelum sunat, seperti berhenti berhubungan intim. Mintalah juga nasihat mengenai aturan makan dan minum sebelum hari pelaksanaan.

Pada hari prosedur, siapkan semua kebutuhan yang harus dibawa. Karena sunat adalah prosedur rawat jalan, bawalah pakaian ganti seperti celana yang longgar.

Sebaiknya, jangan menyetir sendiri ke klinik atau rumah sakit. Mintalah anggota keluarga atau teman untuk mengantar dan menjemput Anda.

Sebelum menjalani sunat, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan:

  1. Konsultasi Medis: Penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendiskusikan alasan, risiko, dan manfaat dari sunat dewasa. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik untuk memastikan bahwa pasien dalam kondisi kesehatan yang baik untuk menjalani prosedur.
  2. Pemeriksaan Kesehatan: Dokter mungkin akan meminta beberapa tes laboratorium untuk memastikan tidak ada kondisi kesehatan yang dapat meningkatkan risiko komplikasi selama atau setelah prosedur.
  3. Menghentikan Penggunaan Obat Tertentu: Pasien mungkin diminta untuk menghentikan penggunaan obat pengencer darah atau suplemen tertentu yang dapat meningkatkan risiko pendarahan.
  4. Persiapan Mental dan Fisik: Memahami prosedur dan apa yang diharapkan selama pemulihan dapat membantu mengurangi kecemasan. Selain itu, menjaga pola makan sehat dan istirahat yang cukup sebelum operasi juga penting.

Prosedur Sunat Dewasa

prosedur sunat dewasa
Gambar hanya ilustrasi

Sebelum prosedur sunat dimulai, Anda atau anggota keluarga yang mendampingi akan diminta untuk menandatangani formulir persetujuan. Pastikan semua pertanyaan Anda terjawab sebelum memberikan persetujuan.

Sunat pada pria dewasa biasanya memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan anak-anak, yaitu sekitar 30 menit hingga satu jam.

Namun, metode sunat untuk orang dewasa dan anak-anak pada dasarnya serupa. Berikut adalah tahapan-tahapannya.

Prosedur sunat dewasa umumnya dilakukan dengan anestesi lokal, meskipun beberapa pasien mungkin memilih anestesi umum. Berikut adalah tahapan umum dalam prosedur sunat dewasa:

  1. Anestesi: Anestesi lokal akan disuntikkan ke area sekitar penis untuk menghilangkan rasa sakit selama prosedur.
  2. Pemotongan Kulup: Setelah area mati rasa, dokter bedah akan membuat sayatan di kulit kulup dan mengangkatnya dari kepala penis.
  3. Penghentian Pendarahan: Setiap pembuluh darah yang berdarah akan diikat atau dibakar untuk menghentikan pendarahan.
  4. Penjahitan: Bagian tepi kulit yang dipotong akan dijahit menggunakan benang yang dapat diserap oleh tubuh.
  5. Perban: Penis akan dibalut dengan perban steril untuk melindungi area tersebut dari infeksi.

Anda juga bisa memilih prosedur sunat laser yang waktu pemulihannya yang lebih cepat. Prosedur ini menggunakan panas (kauterisasi) dan jahitan pada tepi kulup yang tersisa.

Pemulihan Setelah Sunat Dewasa

Setelah prosedur sunat selesai, dokter akan meminta Anda berbaring di tempat tidur untuk beberapa saat. Ini diperlukan karena sunat dewasa bisa cukup melelahkan secara fisik dan mental. Selanjutnya, dokter akan memeriksa kondisi penis Anda untuk memastikan tidak ada masalah pada kulup atau area sekitarnya.

Setelah sunat selesai, dokter akan membuka kain kasa yang membungkus penis untuk memeriksa jahitan pada kepala penis. Pastikan untuk bertanya kepada dokter tentang cara merawat luka dengan benar. Dokter akan memberikan saran untuk mempercepat pemulihan, termasuk tips saat berkendara, kembali bekerja, atau berhubungan intim setelah Anda pulang ke rumah.

Biasanya, masa perawatan setelah sunat berlangsung selama sekitar 10 hari hingga penis sembuh sepenuhnya. Selama tiga atau empat hari pertama setelah operasi, kenakan celana longgar untuk menghindari gesekan yang bisa menyebabkan iritasi pada penis.

Sedikit nyeri dan bengkak pada kepala penis adalah hal yang wajar. Minumlah obat pereda nyeri dan oleskan salep antibiotik yang diberikan oleh dokter Anda. Jika Anda mengalami demam, kemerahan, perdarahan, atau nyeri hebat saat buang air kecil, segera hubungi dokter Anda.

Pemulihan setelah sunat dewasa memerlukan beberapa perhatian khusus untuk memastikan proses penyembuhan yang baik:

  1. Istirahat: Pasien disarankan untuk beristirahat dan menghindari aktivitas fisik berat selama beberapa hari pertama setelah prosedur.
  2. Perawatan Luka: Area bekas sayatan harus dijaga tetap bersih dan kering. Mengganti perban secara teratur dan menghindari mandi atau berendam dalam air selama beberapa waktu sangat disarankan.
  3. Obat Pereda Nyeri: Dokter mungkin akan meresepkan obat pereda nyeri untuk membantu mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan selama masa pemulihan.
  4. Menghindari Aktivitas Seksual: Pasien harus menghindari aktivitas seksual selama beberapa minggu hingga dokter memastikan bahwa luka telah sembuh dengan baik.
  5. Kontrol Medis: Jadwal kontrol ke dokter sangat penting untuk memantau proses penyembuhan dan menangani komplikasi jika ada.

Sunat dewasa adalah keputusan pribadi yang dapat memberikan manfaat kesehatan signifikan jika dilakukan dengan persiapan dan prosedur yang tepat. Penting untuk berkonsultasi dengan tenaga medis profesional untuk memahami semua aspek dari prosedur ini sebelum membuat keputusan. Dengan perawatan yang tepat selama dan setelah prosedur, risiko komplikasi dapat diminimalkan dan pasien dapat mengalami manfaat jangka panjang dari sunat.

Kesimpulan

  • Relof Clinic bisa menjadi rekomendasi untuk Anda sebagai salah satu klinik sunat dewasa terbaik saat ini. Terkait informasi detail layanan klinik sunat dewasa di Relof Clinic anda dapat mengunjungi link websitenya di sini: Klinik Sunat Dewasa Relof Clinic.
  • Sunat, juga dikenal sebagai sirkumsisi atau khitan, adalah prosedur pengangkatan kulit kulup yang menutupi kepala penis.
  • Sunat dewasa menawarkan berbagai manfaat kesehatan, seperti menjaga kebersihan penis, mencegah infeksi saluran kemih, dan mengurangi risiko gangguan pada penis.
  • Meskipun prosedur ini memiliki risiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan sunat pada bayi atau anak-anak, sunat dewasa umumnya aman jika dilakukan di bawah pengawasan dokter yang berkompeten.
  • Selalu ikuti saran medis selama prosedur dan segera hubungi dokter jika Anda mengalami efek samping seperti demam, nyeri, atau perdarahan setelah sunat.

Sumber: https://hellosehat.com/pria/penyakit-pria/serba-serbi-sunat-dewasa/

Artikel Lainnya: