Mengenal Sunat Klamp: Prosedur, Kelebihan, dan Kekurangannya

sunat-klamp-ketahui-jenis-beserta-kelebihan-dan-kekurangannya-relof clinic

Sunat klamp adalah salah satu metode sunat yang populer, terutama untuk anak-anak. Prosesnya cepat dan minim risiko perdarahan, namun, seperti metode lainnya, Sunat klamp juga memiliki kekurangan yang perlu diketahui.

Pentingnya Sunat

Sunat, atau khitan, sering dilakukan karena alasan agama dan budaya. Selain itu, sunat juga memiliki manfaat kesehatan seperti:

  • Mencegah infeksi saluran kemih
  • Menurunkan risiko penyakit menular seksual, termasuk HIV
  • Mengurangi risiko kanker penis

Sunat bisa dilakukan pada usia berapa saja, tetapi paling umum dilakukan saat bayi baru lahir atau ketika anak menginjak usia sekolah. Orang dewasa pun masih bisa menjalani prosedur ini.

Metode Sunat Klamp

Sunat klamp menggunakan alat khusus yang dipasang melingkar di kulit penis untuk menghambat aliran darah ke bagian kulup yang akan dipotong, sehingga mencegah perdarahan hebat. Berikut beberapa jenis metode klamp yang umum digunakan:

1. Klem Mogen
Pada metode ini, kulup dipisahkan dari kepala penis, lalu ditarik melewati ujung kepala penis dan dipasang penjepit logam. Kulup kemudian dipotong dengan pisau bedah, dan penjepit dibiarkan selama beberapa saat untuk mengurangi perdarahan.

2. Klem Gomco
Metode ini menggunakan alat khusus yang disebut probe untuk memisahkan kulup dari kepala penis. Sebuah sayatan vertikal dibuat pada kulup untuk memudahkan pemasangan alat berbentuk lonceng di antara kepala penis dan kulup. Kulup kemudian dipotong setelah dijepit untuk mencegah perdarahan.

3. Plastibell
Teknik ini mirip dengan metode Gomco, namun menggunakan alat berbentuk lonceng plastik dan benang yang diikat melingkar di area kulup. Setelah sunat selesai, alat lonceng dilepas, sementara ikatan benang akan lepas dengan sendirinya dalam 6–12 hari.

4. Smart Klamp
Metode ini menggunakan alat berbentuk tabung yang dilengkapi dengan klem plastik. Setelah kulup dipisahkan dari kepala penis, tabung dimasukkan di antara kulup dan kepala penis. Penjepit plastik dipasang dari luar hingga mencapai ujung tabung, kemudian kulup dipotong. Tabung dan klem tetap terpasang selama 5 hari untuk membantu penyembuhan, dengan lubang di ujung tabung untuk keluarnya urine.

Kelebihan dan Kekurangan Sunat Klamp

Kelebihan Sunat Klamp:

  • Proses cepat, hanya 5–10 menit
  • Risiko perdarahan rendah
  • Proses penyembuhan lebih cepat

Kekurangan Sunat Klamp:

  • Biaya lebih mahal dibandingkan metode biasa
  • Risiko bentuk kepala penis tidak sempurna jika pemotongan kulup tidak tepat
  • Potensi edema atau pembengkakan pada penis
  • Cedera penis akibat pelepasan klem dan tabung pada metode smart klamp

Pertimbangan Sebelum Melakukan Sunat Klamp

Sebelum menjalani Sunat klamp, penting untuk berkonsultasi dengan dokter guna menentukan metode yang paling sesuai. Sunat klamp, meskipun memiliki kekurangan, tetap menjadi pilihan banyak orang karena kelebihan-kelebihannya. Pastikan sunat dilakukan oleh tenaga medis yang kompeten untuk meminimalkan risiko komplikasi.

Dengan mempertimbangkan semua aspek ini, Anda bisa membuat keputusan yang tepat mengenai metode sunat terbaik untuk anak Anda atau diri Anda sendiri. Baca: Pentingnya Sunat dan Metode yang Tidak Sakit

Untuk informasi lebih lanjut atau jika memiliki keluhan kesehatan, Anda bisa langsung bertanya pada dokter melalui Rumah Sunat Relof. Tidak perlu keluar rumah, Anda bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan?

Artikel Lainnya: